rock geologi geology geologist sm-iagi ung

Apa yang dimaksud dengan batuan?
Batuan adalah material keras dan kompak yang terbentuk secara alami dan tersusun dari satu atau beberapa jenis mineral. Kombinasi mineral yang paling sering ditemui seperti feldspar, kuarsa, mika, olivin, kalsit, piroksen dan amphiboles. Sedangkan mineral lainnya, ada sekitar lebih dari 3000 jenis mineral, jarang ditemukan dalam jumlah yang cukup besar sebagai pembentuk batuan. Seorang yang ahli dalam bidang ini disebut Petrologist.

jenis batuan beku, metamorf, sediment, granit, breksi, hornfels
(Kiri) Granit - Batuan Beku, (Tengah) Breksi - Batuan Sedimen, (Kanan) Hornfels - Batuan Metamorf
Sumber gambar : www.geology.com
Batuan dibagi dalam tiga kelompok berdasarkan proses terbentuknya; batuan beku, batuan sedimen, dan metamorf. Batuan beku terbentuk dari hasil pembekuan magma, dengan atau tanpa proses kristalisasi, baik dibawah permukaan sebagai batuan intrusif maupun di atas permukaan sebagai batuan ekstrusif. Batuan sedimen terbentuk dari material batuan lainnya (bisa juga dari material organik) yang melalui proses transportasi, deposisi, kompaksi dan sementasi. Sedangkan batuan metamorf adalah batuan ubahan/malihan yang dapat terbentuk dari jenis batuan lain yang mengalami peningkatan suhu dan tekanan (pressure).

Apa yang dimaksud dengan mineral?
Mineral adalah sebagai penyusun batuan yang ada di kerak bumi - bersifat padat, anorganik, memiliki struktur molekul atau sistim kristal dan komposisi kimia tertentu. Mineral terbentuk dari elemen-elemen. Elemen adalah zat sederhana yang tidak dapat dipecah menjadi zat lain. Nama unsur diturunkan sebagai kombinasi huruf yang disebut simbol, misalnya: natrium (Na); klorin adalah (Cl). Salt adalah kombinasi natrium dan klorin, dengan demikian ditulis sebagai simbol rumus NaCl. Banyak mineral yang terdiri dari berbagai macam elemen, sehingga memiliki formula yang sangat kompleks. Mineral yang paling umum adalah yang didasarkan pada silikon dan oksigen, Si04.

contoh mineral kuarsa, emas, kalsit (SM-IAGI UNG
(Kiri) Mineral Kuarsa - SiO2, (Tengah) Mineral Emas - Au, (Kanan) Mineral Kalsit - CaCO3
Sumber gambar : www.minerals.net
Mineral dapat ditemukan dalam gumpalan besar tak berbentuk yang disebut "massive" atau dalam bentuk khusus yang disebut kristal. Pada umumnya mineral terbentuk di antara mineral lainnya dan tumbuh dengan bentuk yang tidak beraturan. Namun jika mineral tumbuh di tempat yang bebas, misalnya: lubang atau rongga dalam batuan di sekitarnya, bentuk mineral ini disebut geodes, vugs atau pockets.

Kenapa mineral itu penting?
Mineral adalah bahan baku logam yang diproduksi menjadi suatu barang. Contohnya; pensil terbuat dari (lead) campuran mineral grafit dengan lempung. Bola lampu terbuat dari tungsten (wolframite dan scheelite). Film untuk kamera dan baterai menggunakan silver dan argentite.

Salam,
@EFBumi

Post a Comment

SM-IAGI UNG

{picture#https://pbs.twimg.com/profile_images/497585628695891970/5H6NQcSq.jpeg} SM-IAGI UNG | Seksi Mahasiswa - Ikatan Ahli Geologi Indonesia Universitas Negeri Gorontalo | Ekstraksi - Konservasi - Mitigasi {facebook#http://www.facebook.com/smiagiung} {twitter#http://twitter.com/smiagiung} {google#http://plus.google.com/+SMIAGIUNG} {pinterest#http://www.pinterest.com/smiagi} {youtube#http://www.youtube.com/channel/UC6ajXFGGmFmwwt-fsxNqsigL} {instagram#http://instagram.com/smiagiung}
Powered by Blogger.