Tembaga dalam Tabel Periodik
Tembaga dalam Tabel Periodik
Sejarah, Sifat dan Kegunaannya
Tembaga pertama kali digunakan sebagai bahan dasar koin dan ornamen pada 8000 SM
Koin tembaga, 8000 SM
Sumber: Forum Ancient Coins
Tembaga adalah salah satu logam pertama yang diambil dan digunakan oleh manusia, tembaga telah memberikan kontribusi penting dalam sejarah kemajuan manusia sejak awal peradaban. Tembaga pertama kali digunakan sebagai bahan dasar koin dan ornamen pada 8000 SM. Alat - alat bantu yang terbuat dari tembaga muncul pada Zaman Batu, sekitar 5500 SM, dan penemuan tentang campuran tembaga dengan timah akan menghasilkan perunggu itu menandai awal Zaman Perunggu, sekitar 3000 SM.

Tembaga sangat penting terhadap kesehatan bayi dan orang dewasa.
Tembaga sangat penting terhadap
kesehatan bayi dan orang dewasa.
Sumber: All Baby Sites
 
Tembaga sangat penting dalam pola makan manusia. Hal ini diperlukan untuk pertumbuhan normal manusia sejak dalam keadaan janin, bayi, hingga anak-anak. Pada orang dewasa, tembaga diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan dan pemeliharaan tulang, jaringan ikat, otak, jantung, dan organ tubuh lainnya. Tembaga terlibat dalam pembentukan sel darah merah, penyerapan dan pemanfaatan zat besi. Tembaga juga dikenal berfungsi untuk merangsang sistem kekebalan tubuh, membantu memperbaiki jaringan yang terluka dan mempercepat proses penyembuhan. Tembaga telah terbukti membantu menetralkan "radikal bebas," yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada sel manusia.

Tembaga merupakan komponen penting dalam
motor, kabel, radiator, konektor, dan rem

yang digunakan dalam mobil dan truk.
Sumbr: Cars Pictures
Tembaga mudah dicetak dan dibentuk; tahan terhadap korosi; dan dikenal sebagai penghantar panas/listrik yang efisien. Oleh karena itu, tembaga sangat penting bagi manusia pada zaman dulu dan terus menjadi bahan pilihan untuk berbagai aplikasi rumah tangga, industri, dan teknologi tinggi hingga saat ini.

Saat ini tembaga digunakan dalam konstruksi bangunan, pembangkit listrik dan transmisi, industri pengolahan elektronik, dan industri pembangunan transportasi. Kabel dan pipa tembaga adalah bagian integral dari; sistem pemanas dan pendingin, dan jaringan telekomunikasi yang sering digunakan dalam rumah maupun bisnis. Tembaga merupakan komponen penting dalam motor, kabel, radiator, konektor, rem yang digunakan dalam mobil dan truk. Mobil rata-rata menggunakan 1,5 kilometer (0,9 mil) kawat tembaga, dan jumlah total tembaga berkisar antara 20 kilogram (44 pon) pada mobil biasa dan 45 kilogram (99 pon) pada mobil mewah dan hybrid.

Tembaga digunakan untuk sirkuit pada chip silikon,
yang dapat mempercepat pengoprasianmikroprosesor
dan lebih hemat penggunaan energi.

Sumber: Short Circuit
Salah satu pengaplikasian tembaga yang terbaru adalah pemanfaatannya pada permukaan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, dimana sifat antimikroba tembaga dapat mengurangi perpindahan kuman dan penyakit. Produsen semikonduktor juga telah mulai menggunakan tembaga untuk sirkuit pada chip silikon, yang dapat mempercepat pengoprasian mikroprosesor dan lebih hemat penggunaan energi. Rotor tembaga juga baru-baru telah ditemukan untuk meningkatkan efisiensi motor listrik.

Keunggulan lain dari tembaga yaitu memiliki properti alloying yang baik, akan sangat bernilai jika tembaga dipadukan dengan logam lain, seperti tembaga + seng (menghasilkan kuningan), tembaga + timah (menghasilkan perunggu). Perpaduan tembaga ini memiliki karakteristik tersendiri, dan dikembangkan untuk aplikasi yang sangat khusus. Misalnya, paduan tembaga-nikel yang diterapkan pada lambung kapal karena tidak menimbulkan korosi terhadap air laut dan mengurangi adhesi kehidupan laut, seperti ganggang, sehingga mengurangi hambatan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Kuningan lebih mudah dibentuk dan memiliki sifat akustik yang lebih baik dari tembaga murni atau seng, oleh karena itu digunakan dalam berbagai alat musik, termasuk terompet, trombon, lonceng, dan simbal.

Tipe Endapan Tembaga
Tembaga hadir dalam banyak bentuk. Tergantung apa yang mengontrolnya, kapan, dan dimana tembaga itu diendapkan. Oleh karena itu tembaga muncul di berbagai jenis mineral. Contohnya, Kalkopirit, mengandung bijih tembaga yang sangat berlimpah dan ekonomis.

Copper-bearing minerals
Sumber: wikipedia.org
Endapan tembaga secara luas diklasifikasikan berdasarkan bagaimana endapan itu terbentuk. Endapan porphyry copper, yang berhubungan dengan intrusi batuan beku, menghasilkan sekitar 60% dari tembaga dunia dan oleh karena itu tipe endapan ini merupakan tipe endapan tembaga yang paling penting di dunia. Sebagian besar endapan porphyry copper terkonsentrasi di: Amerika Selatan dan Utara, Asia Tenggara dan Oseania - sepanjang Cincin Api Pasifik. Konsentrasi terbesar dari tipe endapan ini berada di Chili.

Tipe lain dari endapan tembaga, yang berhubungan dengan batuan sediment, seperti:
  • Stratabound sedimentary deposits, sekitar 15% dari tembaga dunia.
  • Volcanogen-sedimentary dan vein copper-sulphide deposits, sekitar 10% dari tembaga dunia.
  • Volcanogen-sedimentary dan vein Zn-Pb-Cu-sulphide deposits, sekitar 10% dari tembaga dunia.
  • Basic and ultrabasic magmatic deposits, sekitar 4% dari tembaga dunia.
  • Carbonatitic copper deposits, 1% dari tembaga dunia.
Deep-sea nodules dan massive sulfides juga berpotensi sebagai resource tembaga dunia.
---
Compiled by Ebay Febryant

Referensi :
  • Doebrich, Jeff, (2009), Copper–A Metal for the Ages: U.S. Geological Survey Fact Sheet 2009-3031, 4 p.
  • Johnson, K.M., Hammarstrom, J.M., Zientek, M.L., and Dicken, C.L., (2014), Estimate of undiscovered copper resources of the world, 2013: U.S. Geological Survey Fact Sheet 2014–3004, 3 p., ISSN 2327-6916.

Post a Comment

SM-IAGI UNG

{picture#https://pbs.twimg.com/profile_images/497585628695891970/5H6NQcSq.jpeg} SM-IAGI UNG | Seksi Mahasiswa - Ikatan Ahli Geologi Indonesia Universitas Negeri Gorontalo | Ekstraksi - Konservasi - Mitigasi {facebook#http://www.facebook.com/smiagiung} {twitter#http://twitter.com/smiagiung} {google#http://plus.google.com/+SMIAGIUNG} {pinterest#http://www.pinterest.com/smiagi} {youtube#http://www.youtube.com/channel/UC6ajXFGGmFmwwt-fsxNqsigL} {instagram#http://instagram.com/smiagiung}
Powered by Blogger.