SM-IAGI GOES TO SCHOOL 
Introducing of Nature Disaster Hazards From an Early Age
           
 Dalam rangka memperingati hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang jatuh pada tanggal 26 April 2019, SM-IAGI UNG mengadakan sosialisasi pengenalan bahaya bencana alam sejak dini (Introducing of Nature Disaster Hazards from an Early Age) di SDN 53 Dumbo Raya, Kota Gorotalo. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut yaitu siswa/i kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar.
Daerah Dumbo Raya dilihat dari kondisi geologinya memiliki potensi bencana yaitu berupa longsor, gempa, dan tsunami. Maka dari itu, SM-IAGI UNG bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Alam (BNPB) melakukan sosialisasi ini untuk memperkenalkan kepada siswa/i mengenai bahaya bencana alam yang sewaktu-waktu bisa melanda daerah mereka.
Kegiatan sosialisasi ini dimulai dari pembukaan yang dilaksanakan pada 29 April 2019 jam 09.00 WITA. Pembukaan sosialisasi ini dihadiri oleh kepala sekolah SDN 53 Dumbo Raya beserta panitia pelaksana. Rangkaian acara pembukaan meliputi sambutan oleh Ketua SM-IAGI UNG beserta Kepala Sekolah SDN 53 Dumbo Raya.

 
                                               Pembukaan kegiatan sosialiasi oleh MC di SDN 53 Dumbo Raya

Sambutan oleh Ketua SM-IAGI UNG beserta Kepala Sekolah SDN 53 Dumbo Raya sekaligus membuka secara resmi kegiatan sosialisasi

Acara selanjutnya yaitu pemaparan materi mengenai bahaya bencana alam pada peserta yang disampaikan oleh Della Nawarita Putri Kasim dan Rachmat Ramadhan Nur Syamsuri. Maeri yang disampaikan difokuskan pada bahaya bencana-bencana geologi yang dapat melanda daerah tersebut, yaitu tanah longsor, gempa, dan tsunami. Pemateri juga memperkenalkan lagu kepada peerta mengenai langkah apa saja yang dilakukan saat gempa terjadi dimana nyanyian selain membuat peserta menjadi lebih semangat, sekaligus mengajarkan kepada peerta mengenai tindakan mitigasi yang mereka bisa lakukan saat gempa terjadi yang gampang untuk diingat.

Pemaparan mengenai bahaya bencana alam : tanah longsor, tsunami, serta gempa bumi oleh pemateri




Lagu ‘Kalau Ada Gempa’ untuk membekalipara peserta mengenai tindakan yang dilakkan sat gempa terjadi

Selesai memberikan materi, dilakukan sesi tanya jawab mengenai materi yang telah dipaparkan oleh pemateri dilanjutkan dengan peberian hadiah bagi peserta yang bisa menjawab kuis yang diajukan oleh pemateri.

Peserta memberikan jawaban dari kuis yang diberikan oleh pemateri

            Rangkaian acara sosialisasi ‘Introducing of Nature Disaster Hazards from an Early Age’ diakhiri dengan foto bersama Kepala Sekolah SDN 53 Dumbo Raya, peserta, pemateri, serta seluruh panitia yang hadir pada pagi menjelang siang tersebut. Kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan lancer dan semoga bisa memberikan edukasi sejak dini mengenai bencana alam bagi adik-adik peserta di SDN 53 Dumbo Raya.
            Terima kasih kepada seluruh pihak yang membatu melancarkan acara sosialisasi ini: SDN 53 Dumbo Raya yang telah menerima dan mendukung kami sehingga kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan lancar, serta kepada pemateri dan seluruh panitia yang telah menyukseskan acara ini hingga selesai.


Foto bersama kepala sekolah SDN 53 Dumbo Raya, peserta, dan panitia penyelenggara


-------------------
Author : Divisi Jurnalistik

Program Kerja oleh Divisi Sosialiasi
SM-IAGI UNG
2019

Post a Comment

SM-IAGI UNG

{picture#https://pbs.twimg.com/profile_images/497585628695891970/5H6NQcSq.jpeg} SM-IAGI UNG | Seksi Mahasiswa - Ikatan Ahli Geologi Indonesia Universitas Negeri Gorontalo | Ekstraksi - Konservasi - Mitigasi {facebook#http://www.facebook.com/smiagiung} {twitter#http://twitter.com/smiagiung} {google#http://plus.google.com/+SMIAGIUNG} {pinterest#http://www.pinterest.com/smiagi} {youtube#http://www.youtube.com/channel/UC6ajXFGGmFmwwt-fsxNqsigL} {instagram#http://instagram.com/smiagiung}
Powered by Blogger.