Penelitian ini merupakan penelitian yang dilaksanakan oleh Tim PKM-PE UNG 2020. Tim PKM ini terdiri dari 3 orang mahasiswa Program studi Teknik Geologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo.Tim PKM-PE ini dibimbing oleh bapak Rakhmat Jaya Lahay, S.Si., M.Sc yang diketuai oleh Rizky Ramadhan Tania mahasiswa angkatan 2017 (Geoforce17), anggota 1 Ratna Sari L. Madusila mahasiswa angkatan 2017 (Geoforce17), dan anggota 2 Fitra Akbar Gaib mahasiswa angkatan 2016 (Geocreative16).


Diskusi serta pembimbingan tim PKM dan dosen pembimbing yang dilaksanakan secara daring

            Daerah Bone Bolango merupakan salah satu Kabupaten di Gorontalo yang menjadi wilayah yang rawan akan bencana khususnya gempa bumi. Permasalahan inilah yang menjadi salah satu tolak ukur dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan daerah pemodelan subduksi dan sesar aktif beserta implikasinya bagi gempa bumi masa depan yang ada di wilayah Kabupaten Bone Bolango.

            PKM-PE tahun ini sedikit berbeda dengan PKM-PE tahun-tahun sebelumnya, adapun perbedaan tersebut terletak pada proses pengumpulan data. Apabila proses pengumpulan data PKM sebelumnya terdiri dari data primer yang diperoleh dari kegiatan lapangan dan laboratorium serta data sekunder, maka tahun ini tidak diperkenankan pengambilan data dilapangan maupun dilaboratorium dan hanya berfokus pada pengambilan data sekunder dengan mengumpulkan data-data melalui jurnal nasional maupun internasional. Hal ini dilakukan guna memutus mata rantai dari wabah COVID-19 yang semakin meresahkan semua kalangan baik pemerintah maupun masyarakat.

            Rencana selanjutnya hasil dari penelitian akan dipresentasikan bersama 7 tim PKM UNG lainnya yang lolos didanai Ristekdikti dalam Monitoring dan Evaluasi (MONEV), yang akan dilaksanakan di Universitas masing- masing di awal bulan Oktober 2020.

            PKM-Penelitian Eksata ini sebelumnya telah diumumkan lolos dan didanai RISTEKDIKTI pada awal Agustus 2020. Setiap tahun Fakultas MIPA selalu mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan selalu berhasil lolos didanai. Pada PKM tahun 2020 Fakultas MIPA berhasil meloloskan 4 tim dari total 8 tim yang lolos pendanaan, yang dimana 2 tim diantaranya berasal dari program studi Teknik Geologi. Berkat prestasi ini, semoga tim-tim selanjutnya lebih semangat dalam mengukir prestasi.
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

SM-IAGI UNG

{picture#https://pbs.twimg.com/profile_images/497585628695891970/5H6NQcSq.jpeg} SM-IAGI UNG | Seksi Mahasiswa - Ikatan Ahli Geologi Indonesia Universitas Negeri Gorontalo | Ekstraksi - Konservasi - Mitigasi {facebook#http://www.facebook.com/smiagiung} {twitter#http://twitter.com/smiagiung} {google#http://plus.google.com/+SMIAGIUNG} {pinterest#http://www.pinterest.com/smiagi} {youtube#http://www.youtube.com/channel/UC6ajXFGGmFmwwt-fsxNqsigL} {instagram#http://instagram.com/smiagiung}
Powered by Blogger.