Tim PKM bersama dosen pembimbing di Desa Ilotidea
Penelitian ini merupakan penelitian sains  yang dilaksanakan oleh Tim PKM-PE UNG. Terdiri dari 3 orang mahasiswa Prodi Teknik Geologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo. Diketuai oleh Dewi Darmayanti Tolodo (Angkatan 2015), dan anggotanya Muhamad Danial Suma (Angkatan 2018), serta Nana Juhriana Yusuf (Angkatan 2018) yang dibimbing langsung oleh dosen pembimbing yaitu ibu Intan Noviantari Manyoe S.Si., M.T.

Seperti yang kita ketahui bahwa Desa Ilotidea merupakan salah satu dari sekian banyak desa di Kabupaten Gorontalo yang rawan akan bencana banjir. Keluhan dari masyarakat akan bencana banjir inilah yang menjadi latar belakang Tim PKM-PE UNG untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan desa Ilotidea sebagai Kampung Sains Wisata Banjir kepada pemerintah agar bencana banjir sudah bukan lagi dianggap sebagai kabar buruk bagi warga desa Ilotidea, tetapi justru akan menjadi sumber ekonomi akan kelangsungan hidup warga yang terkena Banjir. Pembahasan penelitian mencangkup Geologi, Geomorfologi, Geofisika (analisis bawah permukaan), analisis citra radar SRTM (Shuttle Radio Topography Misiion) dan rancangan Kampung sains wisata banjir di Desa Ilotidea.

Rencananya hasil dari program penelitian ini akan dipresentasikan bersama dengan 2 tim PKM UNG lainnya yang lolos didanai RISTEKDIKTI dalam Monitoring dan Evaluasi (MONEV) di Universitas Negeri Makasar di akhir Juni 2019.

Pertemuan tim PKM-PE dengan Dekan FMIPA
            Dekan Fakultas MIPA UNG, Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd sangat mengapresiasi dan bangga akan prestasi 3 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UNG yang ketiga-tiganya berasal dari Fakultas MIPA UNG. Beliau mengatakan bahwa penelitian-penelitian dari PKM ini dapat berguna untuk masyarakat ke depannya, khususnya di bidang pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat.

            Saat bertemu dengan tim PKM-PE (Geologi 4D dan Analisis Citra Radar untuk, Kampung Sains Wisata Banjir Ilotidea), Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd mengatakan bahwa untuk pembangunan wisata banjir Desa Ilotidea, perlu tindakan dari pemerintah. “Untuk perencanaannya sendiri, saya salut dengan tim PKM mahasiswa yang mampu menganalisis dan membuat model Geologi 4 Dimensi desa yang nantinya akan menjadi acuan dalam pembangunan kampung sains ini. Akan tetapi, penerapannya ke depan tidak mungkin dilakukan mahasiswa semata. Maka dari itu, saya berharap penelitian ini dapat menarik perhatian dari pemerintah ke depannya dan dapat meneruskan harapan mahasiswa tim PKM ini” tambahnya.

            PKM-Penelitian ini sebelumnya telah  diumumkan lolos dan didanai Ristekdikti pada Maret 2019. Setiap tahun Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berasal dari Fakultas MIPA berhasil lolos dan didanai RISTEKDIKTI. Pada tahun 2018, Tim PKM Penelitian yang berasal dari Fakultas MIPA UNG di bawah bimbingan Ibu Intan Noviantari Manyoe, S.Si., M.T berhasil meraih penghargaan sebagai Juara Favorit Presentasi dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-31 di Yogyakarta. Pada PIMNAS ke-31 inilah UNG berhasil naik panggung PIMNAS dan menerima penghargaan untuk pertama kalinya sepanjang sejarah PKM. Semoga kesuksesan ini diikuti oleh tim selanjutnya.

Post a Comment

SM-IAGI UNG

{picture#https://pbs.twimg.com/profile_images/497585628695891970/5H6NQcSq.jpeg} SM-IAGI UNG | Seksi Mahasiswa - Ikatan Ahli Geologi Indonesia Universitas Negeri Gorontalo | Ekstraksi - Konservasi - Mitigasi {facebook#http://www.facebook.com/smiagiung} {twitter#http://twitter.com/smiagiung} {google#http://plus.google.com/+SMIAGIUNG} {pinterest#http://www.pinterest.com/smiagi} {youtube#http://www.youtube.com/channel/UC6ajXFGGmFmwwt-fsxNqsigL} {instagram#http://instagram.com/smiagiung}
Powered by Blogger.