Mauna Kea Gunung Tertinggi Di Dunia - from Mauna Loa Observatory Hawaii
Mauna Kea - Hawaii. (Creative Commons)
Gunung tertinggi di Bumi secara teknis bukanlah Gunung Everest.

Everest merupakan gunung tertinggi di atas permukaan laut, tetapi jika kita melihat dari sisi pandang berbeda, berdasarkan ketinggian total - dari dasar ke puncak, maka gunung tertinggi adalah Mauna Kea di Pulau Hawaii.

Here's how it breaks down:

Everest berdiri 8.850 meter di atas permukaan laut, sedangkan Mauna Kea hanya 4.205 meter di atas permukaan laut, tetapi gunung ini membentang sekitar 6.005 meter di bawah Samudera Pasifik. Hal tersebut menjadikan total tinggi Mauna Kea mecapai sekitar 10.211 meter, hampir 1 mil lebih tinggi dari Everest.

Mauna Kea merupakan gunungapi nonaktif yang berumur sekitar 1 juta tahun, terbentuk ketika lempeng tektonik Pasifik bergerak di atas Hostpot Hawaii (sebuah plume magma yang berasal dari dalam bumi), dan terakhir erupsi sekitar 4.600 tahun yang lalu (Sherrod, D.R., Sinton, J.M., Watkins, S.E., and Brunt, K.M., 2007).

Grafik di bawah ini menunjukan betapa raksasanya Mauna Kea:

7 Summit | Puncak-Puncak Tinggi Di Bumi
Perbandingan puncak-puncak tertinggi di setiap benua di Bumi. (Creative Commons)
Summit (puncak) merupakan surga bagi ahli astronomi: memiliki kelembaban yang rendah, langit yang cerah, dan jauh dari polusi cahaya. Hal tersebut memberikan kemudahan kepada ahli astronomi untuk melakukan pengamatan alam semesta, dan sekarang tercatat ada sekitar 13 teleskop yang ditempatkan di tiap-tiap summit di Bumi.

Jadi, jika teman-teman ingin mendaki gunung tertinggi di Bumi, segeralah ke Mauna kea, bukan ke Everest, apalagi ke Tentolomatinan. *__*
---
Compiled by Febryant

Referensi:

Post a Comment

SM-IAGI UNG

{picture#https://pbs.twimg.com/profile_images/497585628695891970/5H6NQcSq.jpeg} SM-IAGI UNG | Seksi Mahasiswa - Ikatan Ahli Geologi Indonesia Universitas Negeri Gorontalo | Ekstraksi - Konservasi - Mitigasi {facebook#http://www.facebook.com/smiagiung} {twitter#http://twitter.com/smiagiung} {google#http://plus.google.com/+SMIAGIUNG} {pinterest#http://www.pinterest.com/smiagi} {youtube#http://www.youtube.com/channel/UC6ajXFGGmFmwwt-fsxNqsigL} {instagram#http://instagram.com/smiagiung}
Powered by Blogger.