Tingginya intensitas gempa diwilayah Provinsi Gorontalo, menjadikan gorontalo sebagai salah satu provinsi dengan tingkat bahaya gempa yang cukup tinggi, untuk itu perlu adanya pengetahuan akan gempa sejak dini.
Melihat hal ini, Mahasiswa Program Studi Teknik Geologi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian (ITK), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNG atas nama Reskiyanto Fauzi Duwngik, Della Nawarita P. Kasim, Fahmi Idris, Revaldi Helamsyah, Rachmat Ramadhan didampingi pembimbing mereka Dr. Sc, Yayu Indriati Arifin M.Si mencoba mengembang sebuah program yang diberi nama Media PIPI DAN KENING di SDN 23 Kwandang Desa Masuru, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalu Utara, Provinsi Gorontalo.
PIPI DAN KENING sendiri merupakan kepanjangan dari Pyramid Holographic And Earthquake Fun Learning dimana setiap siswa akan diperkenalkan mengenai apa itu gempa, penyebab gempa, bahaya gempa, dan juga apa yang dilakukan ketika terjadi gempa. Konsep ini sendiri menggunakan hologram sederhana yang dikombinasikan dengan lagu. Penggunaan media hologram ini ditujukan untuk meningkatkan daya tangkap siswa dalam proses pembelajaran. Media ini lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah, karena menunjukan suatu hal yang baru kepada siswa. Selain itu, media fun learning atau belajar sambil bermain adalah proses pembelajaran kepada siswa yang membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan serta tidak mudah bosan.


Post a Comment

SM-IAGI UNG

{picture#https://pbs.twimg.com/profile_images/497585628695891970/5H6NQcSq.jpeg} SM-IAGI UNG | Seksi Mahasiswa - Ikatan Ahli Geologi Indonesia Universitas Negeri Gorontalo | Ekstraksi - Konservasi - Mitigasi {facebook#http://www.facebook.com/smiagiung} {twitter#http://twitter.com/smiagiung} {google#http://plus.google.com/+SMIAGIUNG} {pinterest#http://www.pinterest.com/smiagi} {youtube#http://www.youtube.com/channel/UC6ajXFGGmFmwwt-fsxNqsigL} {instagram#http://instagram.com/smiagiung}
Powered by Blogger.